Rabu, 03 Februari 2010

K. MENYIMPAN HASIL PENCARIAN DAN DOWNLOAD
Pada saat menjelajahi Internet, salah satu hal yang akan sering Anda lakukan adalah mencari file, buku, gambar, lagu, perangkat lunak yang menarik untuk digunakan, bahkan mungkin dikembangkan. Anda dapat mengidentifikasi jenis file dari ekstensi file tersebut. Beberapa ekstensi file yang banyak terdapat di Internet tercantum pada Tabel 4.1

Extension Jenis File
pdf File dokumen atau e-book; dapat dibaca menggunakan browser di Linux
Jpg.gif.png File gambar;dapat dibuka dan diedit menggunakan GIMP
.mp3.mav
File suara;dapat dimainkan menggunakan Movie Player atau Rhytmbox Music Player.
.avi .mgp .mov File Video;dapat dimainkan menggunakan Movie Player
.exe File program Windows; sebagian dapat dijalankan menggunakan Wine atau dosemu.
.zip . rar. tar Kumpulan file yang dikompres; dapat dibuka menggunakan program unzip, gunzip, unrar dan tar.
Tabel 4.1 Ekstensi file yang banyak terdapat di Internet

Pada kesempatan ini akan kita bahas cara menyimpan hasil pencarian atau download dari Internet. Contoh situs yang digunakan disini adalah SourceForge http://www.sf.net yang merupakan situs terbesar di dunia yang menyimpan perangkat lunak yang dalam pengembangan dari programmer open source di seluruh dunia. Situs seperti ini juga masih dalam proses pengembangan di Indonesia. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :
• Akses ke situs http://www.sf.net/
• Masukkan kata kunci dari perangkat lunak yang ingin Anda cari, misalnya“Sniffer”. Kemudian klik tombol “Search” atau tekan tombol Enter.
• Daftar berbagai perangkat lunak yang memenuhi kriteria kata kunci yang Anda ketikkan akan ditampilkan. Klik pada perangkat lunak yang Anda minati.
• Anda akan masuk ke halaman Web dari perangkat lunak yang Anda minati. Pilih menu “Download” dan pilih perangkat lunak yang Anda inginkan. Pada beberapa perangkat lunak biasanya ada lebih dari satu versi perangkat. Tampak pada Gambar 4.11 contoh tampilan daftar perangkat lunak yang dapat didownload.
• Biasanya file hasil download akan berada di desktop yang dapat Anda akses pada folder /home/pemakai/Desktop (asumsi username pengguna adalah pemakai).















Gambar 4.11 Tampilan sourceforge.net, tempat untuk mendownload program-program
opensource

Pada Gambar 4.11 tampak struktur halaman sebuah perangkat lunak di SourceForge. Ada beberapa menu yang penting untuk disimak di tempat penyimpana sebuah software, yaitu:
● menu untuk mendownload perangkat lunak
● keterangan tentang perangkat lunak tersebut
● keterangan tambahan, seperti screenshot, berita dan sebagainya.


L. MENCETAK HASIL PENCARIAN DARI WEB
Anda dapat mencetak tampilan Web yang sedang Anda akses. Ada dua (2) fasilitas yang disediakan oleh browser Web untuk membantu proses pencetakan, yaitu:
● Print Preview – untuk melihat hasil cetakan di layar.
● Print – untuk mencetak (dapat juga diaktifkan menggunakan tombol Ctrl + P).

Kedua menu tersebut dapat Anda akses melalui menu File di Menu Bar.











Gambar 4.12 Menampilkan print preview













Gambar 4.13 Tampilan print preview

Pada bagian Print Preview Anda dapat melihat tampilan kemungkinan hasil pencetakan Web yang sedang Anda akses. Sebuah halaman Web mungkin saja menjadi lebih dari satu halaman ketika Anda cetak.


M. DUNIA BLOGGER

Blog yang merupakan kependekan dari “Web Log” adalah sebuah situs Web dengan menu tulisan, komentar, termasuk material grafik dan video yang biasanya dioperasikan oleh perorangan. Entri atau tulisan di blog disusun menurut urutan waktu. Blogging merupakan kata kerja yang artinya menambah isi sebuah blog.

Kebanyakan Blog memberikan komentar atau berita mengenai suatu hal. Fungsi lain dari blog adalah sebagai buku harian online. Kebanyakan Blog mengkombinasi tulisan, gambar, multimedia dan link ke blog lain, halaman Web, berbagai media lain yang berhubungan dengan topik yang sedang dibahas. Keterbukaan pembaca untuk memberikan komentar dalam bentuk yang sangat interaktif menjadi bagian yang sangat penting dari banyak blog. Pada bulan Desember 2007, mesin pencari blog Technorati http://technorati.com/ mendeteksi lebih dari 112 juta blog di dunia.

Blog menjadi media alternatif selain koran, majalah, televisi, radio dan media komunikasi lainnya. Tulisan seorang blogger sering tidak kita dapati di media massa biasa. Banyak orang percaya bahwa blog akan menjadi alternatif media di massa datang. Bahkan Google membuat fasilitas pencarian khusus untuk blog pada alamat http://www.google.co.id/blogsearch?hl=id.

Aktivitas para blogger di Indonesia tidak jauh tertinggal dengan aktivitas blogger-blogger lain di Dunia. Menurut perkiraan, ada lebih dari 300.000 blogger di Indonesia. Salah satu tokoh blogger Indonesia adalah Enda Nasution http://enda.goblogmedia.com/. Enda Nasution adalah seorang penulis dan kerap disebut “Bapak Blogger Indonesia”. Beliau banyak muncul di media konvensional untuk mempromosikan penggunaan blog. Saat ini, Enda tinggal dan bekerja di Jakarta setelah sebelumnya bekerja sebagai Internet Marketing Strategist di Bangkok, Thailand.

N. SEJARAH BLOGGER DI INDONESIA

Menurut Enda Nasution, blogger di Indonesia dapat dibagi dalam tiga (3) generasi, yaitu:
● Generasi pertama, tahun 1998-2001, biasanya berkumpul di mesin msn.or.id (sekarang sudah tidak ada). Directory sempat dibuat di http://www.coolnetters.com/indoblog.html. Isi blog kurang lebih masih berupa jurnal pribadi. Tool yang digunakan adalah livejournal dan blogger.com.
● Generasi kedua, tahun 2001-2002-an sampai sekarang. Enda Nasution termasuk dalam generasi ini. Isi blog masih lebih bersifat pribadi. Di generasi kedua mulai bermunculan komunitas-komunitas blogger, seperti, blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta). Jumlah blogger mulai banyak, sempat mengadakan temu darat. blogbugs.com sampai saat ini masih menjadi satusatunya direktori blogger Indonesia. Tool yang digunakan adalah blogger.com, MT, dan pMachine
● Generasi ke tiga, dari tahun 2004 sampai hari ini, tumpang tindih dengan generasi ke dua. Generasi pertama karena satu dan lain hal sudah tidak ada lagi. Generasi ketiga lebih “techie” dan berkumpul di id-gmail karena dipaksa harus mempunyai blog. Pada generasi ketiga ini mulai banyak blog dengan topik khusus yang tidak lagi bersifat jurnal pribadi. Bisanya blog-blog ini adalah blog kedua atau ketiga dari blogger yg sebelumnya sudah memiliki blog jurnal. Tool yang digunakan wordpress, MT.

O. MEMPEROLEH BLOG DI BLOGDETIK

Agar Anda dapat mencoba beraktifitas menggunakan blog, pada bagian ini Anda akan mempelajari cara membuat blog menggunakan jasa situs BlogDetik http://www.blogdetik.com yang memberikan kita situs blog secara cuma-cuma. Langkah untuk mendaftar ke situs BlogDetik adalah sebagai berikut.
● Masuk ke situs BlogDetik http://www.blogdetik.com atau http://blogdetik.com.
● Klik “Daftar Sekarang” atau alamat http://blogdetik.com/wp-signup.php.
● Isikan (1) “Nama Pengguna” yang Anda inginkan, dan (2) “Alamat Email” Anda. Klik tombol “Berikutnya”.
● Masukan “Judul Blog” yang Anda inginkan. Klik Tombol “Signup”. BlogDetik akan mengirimkan e-mail ke alamat e-mail yang Anda berikan sebelumnya. Tunggu beberapa saat untuk menerima e-mail tersebut.
● Di alam e-mail akan ada link ke alamat situs yang harus Anda klik beserta password untuk mengakses blog yang baru Anda buat.
● Setelah proses registrasi di BlogDetik selesai, Anda dapat mulai menggunakanBlogDetik.
Proses pendaftaran di BlogDetik ditunjukkan oleh Gambar 4.15.



















Gambar 4.15 Tampilan blogdetik.com

Melalui menu “Daftar Sekarang” yang ada di bagian kanan agak di atas, Anda dapat mendaftarkan diri untuk memperoleh situs blog sendiri di BlogDetik. Tidak ada batasan akan jumlah situs blog yang dapat dimiliki seseorang, BlogDetik mengijinkan kita untuk mempunyai beberapa buah blog sekaligus.













Gambar 4.16 Mendaftar di blogdetik.com


Yang pertama kali perlu Anda lakukan dalam proses pendaftaran adalah memasukan:
● Nama Pengguna – bisa Anda isi dengan nama Anda sendiri tanpa spasi, nama sekolah, atau nama kelompok jika Anda ingin membuat blog untuk kelompok.
● Alamat Email – pastikan Anda memasukkan alamat e-mail yang dapat dihubungi oleh BlogDetik karena sangat penting bagi BlogDetik untuk mengecek dan memberitahukan password untuk mengakses BlogDetik.
● Pastikan Anda mencetang “Berikan aku blog!!” agar BlogDetik memberikan kepada Anda blog secara cuma-cuma.

Setelah semua selesai Anda lakukan klik tombol “Berikutnya” untuk melanjutkan proses instalasi.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menulis “Judul Blog”. Gunakan judul yang cukup menarik dan dapat merepresentasikan isi blog yang akan Anda kelola. Setelah selesai menuliskan Judul Blog, Anda dapat meng-klik “Signup” yang akan mengaktifkan BlogDetik untuk mengirimkan konfirmasi dan password ke e-mail Anda.

P. LOGIN KE BLOGDETIK

Untuk masuk ke BlogDetik, Anda dapat menggunakan:
● Alamat http://blogdetik.com/wp-login.php atau
● Menu “username” dan “password” yang ada di halaman muka BlogDetik.
















Gambar 4.17 Login ke blogdetik.com

Masukkan username dan password Anda dan Anda pun mulai beraktifitas di blog Anda.

Q. MENULIS DI BLOGDETIK

Untuk menulis di blog Anda, lakukan langkah-langkah berikut.
● Setelah login, Anda akan melihat tampilan Dashboard Blog di BlogDetik.
● Klik menu “Write”.
● Tulisan judul tulisan di kolom “Title”
● Tulis artikel atau tulisan yang Anda inginkan di bagian “Post”
● Setelah Anda puas dengan tulisan tersebut, Anda dapat mengklik tombol “Publish” yang ada di sebelah kanan di bawah kolom “Post”. Jangan takut membuat kesalahan karena Anda dapat mengedit tulisan itu di kemudian hari.



















Gambar 4.18 Mulai menulis di blogdetik.com

Pada Gambar 4.18 tampak tampilan yang muncul pada saat Anda artikel atau tulisan di BlogDetik. Kolom “Title” dan “Post” terlihat cukup jelas di atas, sementara tombol “Save” dan “Publish” terdapat di bawah sebelah kanan dari kolom “Post”. Selain tulisan, Anda dapat memasukan gambar, video, alamat Web lain ke blog Anda.

















Gambar 4.19 Contoh tulisan di blogdetik.com
Untuk melihat hasil tulisan di Blog, Anda dapat langsung mengakses alamat blog Anda, misalnya http://onnopurbo.blogdetik.com/.
Keuntungan menulis menggunakan blog adalah:
● tulisan tidak harus panjang, tulisan pendek 1-2 paragraf pun dapat diterima
● tema tulisan bebas, bahkan mencakup puisi, lagu, resep masakan
● tidak harus mengikuti aturan bahasa yang benar.

Meskipun bebas, ada hal-hal yang sebaiknya tidak Anda tulis pada sebuah blog, yaitu:
● Tulisan yang encela, memfitnah dan menjelekan orang lain
● Tulisan yang memuat hal-hal yang tidak baik, seperti judi, kekerasan, dan pornografi.
Blogger yang menulis hal-hal tersebut akan dapat dituntut di pengadilan berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar