Rabu, 03 Februari 2010

D. ANATOMI SEBUAH BROWSER






Gambar 4.7 Anatomi sebuah browser

Anatomi sebuah browser diperlihatkan pada Gambar 4.7. Bagian-bagian browser Web adalah sebagai berikut.
● Title Bar – untuk memperlihatkan judul Web yang sedang diakses.
● Address Bar – untuk memperlihatkan alamat situs Web.
● Tombol Navigasi – untuk navigasi di Web, seperti kembali, maju.
● Menu Bar – berisi beberapa menu tambahan, seperti Bookmark, File, Print dsb.
● Google Bar – untuk mengetikkan kata kunci pencarian di Google.

Pada saat kita menggunakan Web browser, yang pertama kali perlu kita gunakan adalah Address Bar. Pada Address Bar kita dapat mengetikkan alamat Web yang akan kita akses, misalnya http://www.google.com atau http://www.detik.com.

E. SEARCH ENGINE MESIN PENCARI
Keberhasilan kita menggunakan mesin pencari Web di Internet menentukan keberhasilan kita berselancar dan memperoleh informasi dengan baik. Mesin pencari adalah mesin yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web. Informasi tersebut dapat berupa halaman Web, gambar, dan berbagai jenis file. Beberapa mesin pencari juga menggali data dari koran, buku, basis data, atau berbagai direktori yang terbuka. Berbeda dengan direktori Web, yang di buat oleh editor manusia, mesin pencari beroperasi menggunakan algoritma atau campuran antara algoritma dan masukan manusia.
Ada cukup banyak mesin pencari automatis di Internet. Beberapa mesin pencari yang baik dan terkenal di Internet adalah:
● Google http://www.google.com
● Yahoo http://www.yahoo.com













Gambar 4.8 Tampilan search engine Google

Tampilan mesin pencari Google sangat sederhana (perhatikan Gambar 4.8). Pada halaman utama mesin pencari ini terdapat menu utama berupa kolom tempat kita memasukkan kata kunci mengenai informasi yang akan kita cari.

F. TEKNIK MENCARI DI INTERNET SECARA EFEKTIF

Mesin pencari Web akan membantu kita dalam proses pencarian informasi. Tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana memasukkan kata kunci yang benar ke mesin pencari sehingga kita tidak mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit informasi yang membuat kita tidak dapat menemukan informasi yang kita cari. Tentunya, seperti semua kecakapan lain, banyak berlatih akan membuat kita menjadi mahir.

Memulai Pencarian

Sebelum mulai melakukan pencarian, kita perlu mendefinisikan topik yang akan kita cari selengkap dan seringkas mungkin. Jika perlu, kita dapat menuliskan semua informasi yang kita perlukan, mengapa kita mencari informasi tersebut, dan informasi apa yang tidak kita perlukan. Hal ini akan menuntun kita untuk menentukan kata kunci (keyword) yang tepat dalam proses pencarian. Jika kita tidak memiliki fokus, kita akan tenggelam dalam dalam lautan informasi tanpa tentu arah selama berjam-jam tanpa memperoleh informasi yang berguna.

Kata Kunci

Rata-rata pengguna Interner memasukan 1,5 kata kunci dalam pencarian, yang sebetulnya sangat tidak mencukupi. Sangat disarankan untuk menggunakan 6-8 kata yang dipilih dengan baik, terutama kata benda dan nama objek. Hindari untuk menggunakan kata kerja atau kata sifat. Contoh kata kunci “Sejarah Pelabuhan Batavia”.

Gunakan Frasa

Kombinasi kata kunci yang sangat kuat sebaiknya berbentuk frasa. Frasa adalah kombinasi dari dua atau lebih kata yang harus ditemukan dalam dokumen yang Anda cari PERSIS seperti urutan kata yang kita inginkan. Sebagai contoh, kita dapat memasukan frasa, seperti, “Gunung Tangkuban Perahu” dalam tanda kutip ke mesin pencari.

G. Dasar Operasi Boolcan

Pencarian “Boolean” (diambil dari George Boole, matematikawan abad 19 yang menemukan bidang logika simbolik) adalah teknik pencarian yang memungkinkan kita untuk memperoleh hasil maksimal. Pencarian Boolean sangat sederhana untuk dipelajari dan sangat efektif. Ada tiga (3) perintah (operator) Boolean yang sering digunakan, yaitu AND, OR dan AND NOT.

Contoh kata kunci dengan operasi Boolean, "terbang layang" AND "lapangan terbang". Dengan cara ini kita dapat mempersempit hasil pencarian.

H. TIP SINGKAT untuk MENCARI

• Gunakan kata benda sebagai kata kunci. Jangan pernah menggunakan kata
• penghubung (“dan” “atau”), atau kata penunjuk (“kepada” “dari”), atau kata gelar(“sang” “si”).
• Gunakan 6 sampai 8 kata kunci per pencarian.
• Jika memungkinkan, kombinasikan kata kunci menjadi frasa dengan menggunakan tanda kutip, seperti “bima sakti”.
• Ejalah dengan baik. Coba juga menggunakan ejaan yang berbeda. Hindari istilah yang berulang.
• Cek menu “help” di mesin pencari untuk memperoleh cara yang terbaik.

I. BEBERAPA SITUS YANG MENARIK UNTUK BELAJAR
Ada beberapa situs yang menarik untuk proses belajar dan mengajar, meskipun sebagian situs tersebut berbahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa situs ilmu pengetahuan di Internet.
● http://id.wikipedia.org
● http://en.wikipedia.org
● http://www.ipl.org
● http://www.ipl.org/div/kidspace/
● http://www.homeworkspot.com

Bagi Anda yang ingin mencari pengetahuan dalam bahasa Indonesia, ada baiknya Anda masuk ke beberapa situs berbahasa Indonesia berikut ini.
● http://www.oke.or.id/
● http://bse.depdiknas.go.id/
● http://opensource.telkomspeedy.com/bse – situs copy dari Buku Sekolah Elektronik.
● http://www.psmk.net

Situs pembantu yang bermanfaat terutama untuk proses penerjemahan adalah:
● http://translate.google.com
● http://www.toggletext.com
Untuk menghemat sambungan Internet, Anda dapat menyimpan hasil pencarian Anda di USB flashdisk dan harddisk dengan mudah dapat dilihat oleh teman-teman Anda.

J. MENGELOLA ALAMAT WEB












Gambar 4.9 Bookmarks untuk menyimpan alamat-alamat web yang sering dikunjungi
Banyaknya Web yang menarik di Internet membuat kita sering kali sulit mengingat alamat situs Web yang kita kunjungi. Beruntung, pada Browser Firefox terdapat menu Bookmark untuk menyimpan alamat-alamat situs Web yang menarik dan perlu kita kunjungi lagi.
Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan Bookmarks.
● Browse ke alamat Web favorite Anda.
● Tekan tombol Ctrl-D untuk mengaktifkan Bookmarks.
● Pada menu Bookmarks, Anda dapat memilih folder untuk menyimpan bookmark atau membuat folder baru.
● Setelah folder Anda pilih, tekan tombol “Done”. Selesai sudah proses Bookmarks,dan semua situs yang Anda masukkan dalam Bookmarks dapat Anda akses kembali secara mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar