Rabu, 03 Februari 2010

BAB VI
JARINGAN SOSIAL, WEB FORUM DAN TELEPON DI INTERNET

A. MENGENAL JARINGAN SOSIAL DI INTERNET
Sebuah jasa jaringan sosial di Internet akan memfokuskan dari untuk membangun
komunitas (manusia) secara online untuk berbagai kesukaan, hobby, dan aktifitas. Kebanyakan jasa jaringan sosial berbasis Web dan memberikan berbagai cara untuk pengguna berinteraksi, mulai dari e-mail hingga Internet Messaging.

Jaringan sosial telah membuat cara baru yang sangat dahsyat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Situs jaringan sosial digunakan oleh jutaan manusia, dan sekarang tampaknya jaringan sosial akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Tipe utama jasa jaringan sosial biasanya berupa daftar/direktori yang berbasis pada kategori, misalnya, alumni sebuah sekolah, atau teman sekelas, sebagai cara untuk tetap berhubungan antar teman, atau sebuah sistem rekomendasi yang dihubungkan berdasarkan kepercayaan (trust). Metoda yang populer menggabungkan ke dua tipe jaringan ini. Jaringan sosial yang banyak digunakan di Amerika Serikat adalah MySpace dan Facebook. Di Eropa lebih banyak digunakan MySpace, Facebook dan Hi5. Sementara di Amerika Selatan dan Amerika Tengah lebih banyak menggunakan Orkut dan Hi4. Di Asia dan Pasifik lebih banyak menggunakan Friendster, Orkut dan Cyworld.

Sekarang ini semakin banyak para peneliti dan akademisi yang mulai mempelajari jaringan sosial, seperti, Facebook, terutama untuk melihat dampak yang akan terjadi pada masyarakat. Beberapa isu yang banyak di teliti adalah,
● Kepribadian
● Privasi
● e-learning
● Modal sosial.
● Penggunaan untuk remaja.


B. DUNIA FACEBOOK

Facebook adalah sebuah situs jaringan sosial yang mulai di operasikan pada tanggal 4 Februari 2004 di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Facebook adalah situs Web yang dapat diakses secara gratis, dan di operasikan oleh perusahaan Facebook. Facebook di dukung oleh sekitar 500 orang pegawai yang saat ini beroperasi dari kantor pusat di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Facebook pada hari ini tercatat sebagai situs jaringan sosial di Internet yang menduduki rangking pertama dalam jumlah anggota di dunia.

Pengguna dapat masuk ke jaringan facebook yang di kelola berdasarkan kota, tempat kerja, sekolah, wilayah dan memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan teman, mengirimkan berita, mengupdate informasi tentang dirinya.

Mark Zuckerberg masih mahasiswa di Harvard University pada saat pertama kali membuat Facebook. Anggota Facebook pada awalnya hanya mahasiswa Harvard saja, kemudian di kembangkan ke berbagai akademi di sekitarnya. Kemudian di kembangkan ke mahasiswa dari berbagai universitas lainnya, murid sekolah dan akhirnya, semua orang yang berusia di atas 13 tahun. Situs Facebook pada saat ini mempunyai lebih dari 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia, kira-kira hampir sama dengan setengah bangsa Indonesia dalam satu situs Web.

Gambar 6.1 Mendaftar ke situs Facebook

Situs Facebook dapat diakses melalui alamat http://www.facebook.com. Pada dasarnya hanya ada dua (2) menu di tampilan muka Facebook, yaitu :

● Menu untuk login, dengan memasukan e-mail dan password.
● Menu untuk mendaftarkan diri ke Facebook, dengan memasukan nama, alamat email, password yang kita inginkan, jenis kelamin dan tanggal lahir.

Satu hal yang membuat Facebook menjadi sangat menarik adalah ke sederhanaannya dan proteksi untuk privasi yang sangat baik jauh lebih baik tampaknya di bandingkan dengan Friendster yang lebih terbuka yang memungkinkan semua orang untuk melihat situs pribadi kita.

C. FORUM OPEN SOURCE

Teknik memperoleh ilmu pengetahuan dan teman yang banyak dilakukan di Internet adalah aktif berdiskusi di forum diskusi melalui Web. Ada cukup banyak forum diskusi Web berbahasa Indonesia yang ada di Internet, antara lain adalah :
● http://forum2.plasa.com/
● http://forum.indowli.or.id/ - khusus untuk berdiskusi masalah Internet menggunakan radio di Indonesia.
● http://forum.rtrw.net/ - tempat diskusi tentang RT/RW-net.
● http://opensource.telkomspeedy.com/forum/ - tempat diskusi masalah open source.

Pada kesempatan ini kita akan melihat lebih jauh forum opensource.telkomspeedy.com/forum yang dapat diakses melalui Web. Ada beberapa topic bahasan yang di bahas di Forum tersebut antara lain adalah,
● Tanya jawab sekitar VoIP, NGN & 4G
● Tanya jawab sekitar Speedy, seperti bagaimana mengkonfigurasi modem Speedy, kinerja Speedy, WARNET.
● Tanya jawab sekitar Open Source, seperti InfoLinux, berbagai distro Linux.
● Tanya jawab sekitar Wireless Networing, seperti penggunaan 2.4GHz/WiFi, RT/RWnet, Antenna.
● Tanya jawab sekitar teknik pemrogramman, menggunakan C/C++, PHP, Phyton, Java/ Servlet/JSP, VB, dan bahasa lainnya.
● Tanya jawab sekitar teknik basis data, menggunakan MySQL, PostgresQL, maupun basis data lainnya.
● Tanya jawab sekitar networking, membuat SMS Gateway, hacking & keamanan jaringan,
● Tanya jawab tentang perangkat keras komputer.
● Tanya jawab tentang berbagai hal yang menarik, seperti, Game di komputer, Ragnarok, maupun mimpi-mimpi kita.

Bagi Anda yang hanya ingin membaca diskusi yang ada, kita tidak perlu mendaftarkan diri pada forum Web yang ingin kita baca. Semua diskusi di forum rata-rata terbuka untuk di akses dan di baca bebas. Untuk dapat berpartisipasi atau bertanya dalam forum diskusi melalui kita perlu mendaftarkan diri (register) ke Web tersebut untuk memperoleh username/user ID.

Gambar 6.8 Tampilan situs Komunitas Indonesia Open Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar