Rabu, 03 Februari 2010

BAB IV
MENGGUNAKAN WEB UNTUK BERSELANCAR DI INTERNET

A. SEJARAH WORLD WIDE WEB
World Wide Web ("WWW" atau lebih singkat "Web") adalah sebuah media informasi global di mana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang tersambung ke Internet. Istilah Web sering diidentikan dengan Internet itu sendiri, meskipun sebenaranya Web merupakan salah satu jasa yang beroperasi di atas Internet seperti halnya e-mail. Sejarah Internet terjadi jauh sebelum Web di kembangkan.









Gambar 4.1 Prof. Sir Tim Berners-Lee Sang Penemu Web.

Sejarah Web dimulai pada ahun 1980, ketika seorang Inggris bernama Tim Berners-Lee yang bekerja di CERN (Badan Tenaga Atom Eropa) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software. Berners-Lee juga memperkenalkan konsep hypertext, di mana setiap halaman informasi baru di ENQUIRE tersambung secara langsung ke halaman yang ada.









Gambar 4.2 Mesin NeXT, Web Server pertama di dunia. Sumber: http://en.wikipedia.org
Pada tahun 1984, Tim Berners-Lee kembali ke CERN dan mengemukakan gagasan bahwa semua fisikawan di dunia perlu untuk berbagi data. Sayangnya, tidak ada perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan hal itu terjadi. Atasan Tim, Mike Sendall,meminta Tim untuk mengimlementasikan gagasannya di mesin workstation NeXT yang baru saja diterima oleh CERN. Pada waktu itu, ada beberapa nama yang disiapkan untuk gagasan Berners-Lee, antara lain Information Mesh, The Information Mine atau Mine of Information, dan World Wide Web yang akhirnya dipilih.

Bulan Desember 1990, Tim Berners-Lee berhasil membuat semua perangkat yang dibutuhkan agar Web dapat bekerja., yaitu Web browser yang pertama, WorldWideWeb (yang juga merupakan Web editor), Web server pertama (info.cern.ch), dan halaman Web yang pertama yang menjelaskan tentang proyek tersebut. Browser yang dikembangkan dapat mengakses kelompok diskusi USENET dan juga mengakses file FTP. Sayangnya, Web browser tersebut hanya dapat dijalankan pada mesin NeXT. Kemudian, Nicola Pellow membuat browser sederhana yang dapat dioperasikan di hampir semua komputer.

Paul Kunz dari Stanford Linear Accelerator Center (SLAC) mengunjungi CERN pada bulan Mei 1991 dan sangat tertarik dengan Web. Paul membawa pulang perangkat lunak NeXT ke SLAC, di mana pustakawan Louise Addis kemudian mengadaptasikannya untuk sistem operasi VM/CMS yang berjalan pada mainframe IBM untuk memperlihatkan katalog dari dokumen online di SLAC. Pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim Berners-Lee menulis resume singkat dari proyek World Wide Web di kelompok diskusi alt.hypertext. Tanggal ini kemudian ditandai sebagai tanggal kemunculan Web pertama kali secara publik di Internet.Web ini merupakan Web Server pertama di luar Eropa dan pertama di Amerika Utara.

Pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim Berners-Lee menulis resume singkat dari proyek World Wide Web di kelompok diskusi alt.hypertext. Tanggal ini kemudian ditandai sebagai tanggal kemunculan Web pertama kali secara publik di Internet.

B. WEB BROWSER

Web browser adalah perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di Internet atau di jaringan lokal. Tulisan dan gambar di halaman Web dapat mempunyai hyperlink ke halaman Web lain di mesin yang sama atau di situs web lainnya. Web browser memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut. Web browser akan memformat informasi HTML untuk ditayangkan. Karena itu tampilan halaman Web sedikit berbeda dari satu browser ke browser yang lain.

Ada beberapa Web browser yang dapat kita gunakan, antara lain Mozilla Firefox, Safari, Konqueror, Opera, Flock, Epiphany, K-Meleon dan AOL Explorer. Saat ini, Firefox merupakan Web browser terbaik yang banyak digunakan di Internet. Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, Firefox akan langsung terinstal saat Anda menginstal sistem operasi tersebut.

Web browser kebanyakan digunakan sebagai agen pengguna dari HTTP. Walaupun lebih banyak digunakan untuk mengakses World Wide Web, Web browser juga dapat digunakan untuk mengakses informasi di Web server di jaringan lokal dan isi dari file system di harddisk.












Gambar 4.3 Web browser untuk mengakses file yang ada di salah satu situs opensource

Gambar 4.3 adalah contoh penggunaan Web browser untuk mengakses file-file yang ada disitus opensource di telkomspeedy dengan alamat http://opensource.telkomspeedy.com/speedyorari/ yang memuat puluhan giga byte file, buku, dan perpustakaan yang dapat diambil secara bebas.













Gambar 4.4 Web browser untuk mengakses file di komputer lain dalam jaringan

Bagi Anda yang berada di jaringan komputer lokal dan mengaktifkan fasilitas Network Neighbourhood, Anda dapat dengan mudah melihat file yang ada di berbagai folder di komputer lain menggunakan Web browser dengan alamat smb://alamat-ip-komputer. Perhatikan alamat yang digunakan adalah smb:// bukan http:// yang biasa digunakan di Web. Dengan alamat smb://alamat-ip-komputer, kita dapat mengakses folder di computer lain. Dalam Gambar 4.4 memperlihatkan penggunaan Web browser untuk mengakses file pada komputer smb://192.168.0.1/.









Gambar 4.5 Web browser untuk mengkses file di komputer sendiri pada folder /home

Manfaat lain Web browser adalah untuk melihat file yang ada di komputer kita sendiri dengan menggunakan alamat file:///folder/yang/akan/kita/lihat/ seperti pada Gambar 4.5.

C. MENGAMBIL BROWSER FIREFOX DI INTERNET
Salah satu browser favorit yang dapat kita download di Internet dan kita gunakan secara bebas adalah Firefox. Browser ini sudah terinstal dan siap Anda gunakan jika Anda menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu. Jika Anda belum memiliki browser ini, Anda dapat mendownloadnya melalui situs http://www.mozilla.com/en-US/firefox/. Pada halaman Web tersebut terdapat menu Download untuk mengambil browser Firefox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar