Rabu, 03 Februari 2010

F. INTERNET TELEPON

Internet Telepon atau lebih sering di kenal sebagai Voice over Internet Protocol (VoIP) mulai marak karena adanya rencana pemerintah untuk menaikan pulsa telepon di awal tahun 2003. Beberapa rekan, seperti, Hariyanto Pribadi, Judhi Prasetyo, Onno W. Purbo, Michael Sunggiardi, dibantu oleh APJII dan rekan-rekan industri lainnya mulai mengoperasikan sentral telepon VoIP berbasis protokol H.323 di Internet untuk memberikan solusi telekomunikasi yang murah pada rakyat Indonesia.

Januari 2003, VoIP Merdeka sempat ditayangkan di e-lifestyle MetroTV dan mendemokan secara life video conference via Internet dari MetroTV ke Judhi Prasetyo yang berada di Singapura. Sambungan Internet yang digunakan untuk life video conference tersebut dilakukan melalui jalur dial-up IndoNet.

Teknologi yang digunakan oleh VoIP Merdeka berbasis protokol H.323 yang merupakan protokol awal VoIP yang distandarisasi oleh ITU. Perangkat lunak yang digunakan sebagai softphone adalah NetMeeting atau GnomeMeeting, sedangkan sentral telepon dapat menggunakan gatekeeper gnugk yang sifatnya open source. Detail teknik implementasi VoIP Merdeka berbasis protokol H.323 dapat di ambil di http://sandbox.bellanet.org/~onno/the-guide/voip/

Kesulitan utama yang dirasakan oleh VoIP Merdeka adalah untuk menembus proxy server yang banyak digunakan di LAN perkantoran yang tersambung ke Internet. Akibatnya, VoIP Merdeka lebih banyak berkembang di perkantoran yang mempunyai banyak cabang yang tersambung dalam jaringan Virtual Private Network (VPN). Untuk keperluan publik/umum, kesulitan untuk menembus proxy server menyebabkan VoIP Merdeka sulit berkembang.

Di tahun 2005, tumbuh VoIP Rakyat yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). VoIP Rakyat merupakan teknologi VoIP berbasis Session Initiation Protocol (SIP) yang di kembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) di Internet. Konsekuensinya, VoIP Rakyat mempunyai banyak kemampuan yang lebih baik daripada VoIP Merdeka yang berbasis protokol H.323 yang di kembangkan oleh International Telecommunication Union (ITU). Kendala yang dialami VoIP Merdeka menembus Proxy Server teratasi. Tampaknya VoIP Rakyat berbasis SIP menjadi solusi nyata untuk telekomunikasi murah rakyat Indonesia. Secara teknologi setingkat di atas teknologi Telkom pada hari ini, teknologi VoIP Rakyat lebih di kenal sebagai teknologi Next Generation Network (NGN) di dunia telekomunikasi yang juga di gunakan di jaringan selular 4G.

VoIP Rakyat dipimpin oleh Anton Raharja dari ICT Center Jakarta & WAN DKI. VoIP Rakyat beroperasi mulai tahun 2005, dan di pindahkan ke Open IX sekitar bulan January 2006 atas bantuan rekan-rekan di PT. IDC seperti Johar Alam & Ibu Aie. Server VoIP Rakyat di upgrade menjadi Xeon dual processor yang merupakan sumbangan dari Acer.

Detail teknologi VoIP berbasis SIP dapat dibaca di Wiki http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/VoIP. Walaupun sifat teknologi VoIP berbasis SIP sifatnya Open Source, teknologi yang sedemikian tinggi ternyata tidak banyak yang menguasai dengan baik di Asia Tenggara, maupun di Asia. Tidak banyak negara di dunia yang berhasil membuat jaringan VoIP yang sedemikian besar sekelas VoIP Merdeka maupun VoIP Rakyat, tidak herah jika para aktifis VoIP Rakyat, sering di minta untuk memberikan workshop di wilayah Asia Tenggara maupun di Asia. Anton Raharja sendiri beberapa kali memberikan workshop di Malaysia, Vietnam dll. Pada gambar di perlihatkan Onno W. Purbo sedang memberikan workshop tentang teknologi Next Generation Network (NGN) dan VoIP di Asian Institute of Technology, di Bangkok, Thailand pada tanggal 7-9 April 2008. Duniapun belajar pada kita Bangsa Indonesia!

Gambar 6.19 Tampilan situs VoIP Rakyat
Sentral telepon VoIP Rakyat di implementasikan dalam bentuk situs di Web pada alamat http://www.voiprakyat.or.id sehingga memudahkan bagi pengguna untuk mendaftarkan diri dan menggunakan jasa VoIP di atas Internet secara cuma-cuma. Pendaftar tidak hanya dari perorangan, banyak juga pengguna perusahaan, kantor, sekolah bahkan WARNET yang menggunakan jasa VoIP Rakyat untuk bertelepon. Ada beberapa menu penting yang perlu di simak di situs VoIP Rakyat http://www.voiprakyat.or.id, yaitu,
● Menu Registrasi – untuk mendaftar sebagai pengguna.
● Menu Download – untuk mengambil perangkat lunak softphone.
● Menu Online Phone – untuk melihat siapa saja yang sedang online.

Gambar 6.21 Menelepon melalui VoIP Rakyat

Pada menu online phone http://www.voiprakyat.or.id/?inc=online_phones kita dapat melihat siapa saja yang sedang online di jaringan VoIP Rakyat. Informasi yang diberikan pada bagian online phone adalah nomor telepon, nama pengguna, lokasi dan kualitas sambungan. Kita akan melihat dengan jelas sekali bahwa hampir seluruh Indonesia telah tersambung ke VoIP Rakyat. Di samping itu, ada cukup banyak perusahaan yang menggunakan fasilitas VoIP Rakyat untuk membuat telepon mereka menjadi murah. Kita dapat menelepon orang yang sedang online melalui Internet. Sebaiknya di pastikan Anda mengenal orang tersebut karena kadang kala agak mengganggu jika kita menelepon orang
yang tidak kita kenal.

Gambar 6.22 Mendownload software dan petunjuk untuk menggunakan VoIP Rakyat

Pada bagian Download, kita dapat mengambil beberapa softphone yang memungkinkan membuat komputer kita menjadi pesawat telepon secara gratis dari Internet. Di samping itu, kita dapat mengambil juga beberapa manual cara membangun VoIP sendiri. Semua dapat di ambil secara cuma-cuma dari bagian Download.


DAFTAR PUSTAKA

 http://www.docjax.com/Search/index.shtml?q=tik+sma+kelas11+smt1&x=0&y=0
 Wikipedia, "E-mail", http://en.wikipedia.org/wiki/e-mail, wikipedia.com
 Wikipedia, "Social Networking Service", http://en.wikipedia.org/wiki/Social_Networking, wikipedia.com
 SpeedyWiki,"Mendownload e-Book Pelajaran Sekolah berbahasa Indonesia di Internet",http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Mendownload_e-Book_Pelajaran_Sekolah_berbahasa_Indonesia_di_Internet
 Wikipedia, "Web history", http://en.wikipedia.org/wiki/Web_history,wikipedia.com
 SpeedyWiki, "Wireless Internet Berbasis WiFi", http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Wireless_Internet_Berbasis_WiFi
 Onno W. Purbo (2005), Buku Pegangan Internet Wireless dan Hotspot,Jakarta:Elexmedia Komputindo.
 Wikipedia, "HotSpot (Wi-Fi)", http://en.wikipedia.org/wiki/HotSpot_(Wi-Fi)



Internet




Buku ini membahas tentang :
Ö Sejarah Internet
Ö Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
Ö Akses Internet
Ö Menggunakan E-mail
Ö Jaringan Sosial, Web Forum dan Telepon di Internet

Buku ini membawa :
Pembaca untuk mengenal dan memahami Ö berbagai macam yang berhubungan dengan Ö Internet, sehingga dapat mengetahui asal mula Ö hingga cara penggunaan Internet lebih detail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar